Media Sosial tidak sekadar tempat curhat

Dakwah di era globalisasi sekarang ini menjadai viral utama dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan sesuai ajaran agama Islam. Dalam penyampaian pesan dakwah, perlu menggunakan metode atau cara-cara praktis supaya pesan yang ingin disampaikan seorang da’I dapat diterima dan dicerna baik oleh mad’u. Selain menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan mad’u, da’i juga memerlukan media dalam meng-angkasakan dakwahnya, sehingga mad’u tidak bosan dengan proses ceramah yang dilakukan oleh da’i yang pada umumnya monoton serta membosankan. Penggunaan media dalam berdakwah dapat berupa pemanfaatan medsos ( Media Social ) yang sedang menjadi viral di era global ini. Feed back yang diharapkan oleh seorang da’i dalam penggunaan Media Sosial ini adalah terbentuknya mad’u yang proaktif dalam merespon dakwah ynag dilakukan oleh seorang da’i.

Placeholder Image

Secara hakikat dakwah Islamiyah merupakan aktualisasi iman yang dimanifetasikan dalam kegiatan manusia berimana dalam masyarakat melalui cara tertentu, demi terwujudnya ajaran Islam yang baik dalam segala sendi kehidupan masyarakat. Penyampaian pesan dakwah dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok ( Dera Desember, 2011: 1 ).

Dakwah mempunyai berbagai metode dalam penyampaiannya. Adapun metode dakwah secara umum ada tiga, yaitu bil khikmah, mau’izatul hasanah, dan mujadalah billati hiya ahsan ( QS. An-Nahl: 125 ). Metode-metode di atas tidak serta merta digunakan untuk satu karakter saja, akan tetapi penggunaan metode ini harus sesuai dengan karakteristik mad’unya, baik secara social maupun secara geografisnya. Karena seorang da’i harus memahami karakter-karakter dari mad’unya, supaya pesan yang ingin disampaikan diterima baik dan memberikan
feek back yang baik, sehingga pesan tersebut dapat diaktualisasikan dalam kehidupan mad’unya. Dakwah juga perlu menggunakan media untuk menunjang penyampaian pesan yang dilakukan oleh da’i. Media yang digunakan dalam berdakwah ada bermacam-macam, baik secara tertulis, lisan maupun melalui media massa lainnya. Adapun media yang sedang menjadi viral utama di era globalisasi ini adalah mulai berkembangannya media social setelah diluncurkannya internet sebagai alat komunikasi massa yang digunakan untuk menyatukan masayarakat yang sedang berjauhan, sehingga mempermudah mereka dalam berkomunilkasi. Media social yang sedang marak di era sekarang ini adalah facebook, instragram, twitter, path, line, dan masih banyak lainnya mempunyai peranan tersendiri bagi mad’u. Pemanfaatan media social oleh da’i merupakan sebuah inovasi baru dalam mensyiarkan dakwah Islam. Tidak sekadar sarana mencurahkan segala isi hati yang kebanyakan dilakukan sebagian dari kita, melainkan ladang dakwah bagi para da’i.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s